(RPP)
Satuan
Pendidikan : Sekolah Dasar
Kelas
/ semester : 1 (satu) / I ( satu
)
Tema
/ Sub Tema : Kegiatanku / Kegiatan
Siang Hari
Pertemuan : Pembelajaran 1 (satu)
A. KOMPETENSI INTI
1. Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2. Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam
berinteraksi dengan keluarga, temandan guru
3. Memahami
pengetahuan factual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya
berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya,
dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
4. Menyajikan
pengetahuan factual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya
yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan
yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR
Bahasa
Indonesia
3.1 Mengenal Teks Deskriptif tentang
anggota tubuh dan panca indera wujud sifat
benda serta peristiwa siang dan malam dengan bantuan guru dan teman
bahasa Indonesia lisan dan tulisan yang dapat diisi dengan kosa kata bahasa
daerah untuk membantu pemahaman.
4.5 Membuat
Teks diagram/label tentang anggota keluarga dan kerabat secara mandiri dalam
bahasa Indonesia dalam lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosa kata bahasa
daerah untuk membantu penyajian.
SBDP
4.5
Menyanyikan
lagu anak-anak dan memperagakan tepuk birama dengan gerak
4.7 Menyanyikan lagu anak-anak dan berlatih
memahami isi lagu.
PPKN
3.2 Mengenal
tata tertib dan aturan yang berlaku di kehidupan sehari-hari di dalam rumah dan
sekolah.
4.2 Melaksanakan
tata tertib di rumah dan sekolah
C. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa
Indonesia
Ø Menjawab
pertanyaan berdasarkan isi bacaan.
Ø Membuat
jadwal piket dalam bentuk table.
SBDP
Ø Menyanyikan
lagu “ nama-nama hari ” dengan baik.
Ø Menjelaskan
isi lagu “ nama-nama hari “ dengan benar.
PPKN
Ø Menjelaskan
tata tertib dan aturan disekolah.
Ø Melaksanakan
tugas piket sebagai salah satu aturan dalam kebersamaan.
D. TUJUAN
PEMBELAJARAN
1. Setelah
membaca nyaring teks deskriptif siswa dapat menjawab pertanyaan yang diajukan
guru dengan benar melalui Tanya jawab.
2. Dengan
menirukan guru menyanyi siswa dapat menyanyikan lagu “ nama-nama hari “ dan
menjawab pertanyaan mengenai lagu dengan benar.
3. Setelah
Tanya jawab, siswa dapat menyusun jadwal piket dalam bentuk tabel dengan benar.
4. Setelah
kegiatan pembelajaran siswa dapat melaksanakan tugas piket sesuai jadwal yang
telah dibuat dengan baik.
E.
MATERI UJI
1. Membaca
dan memahami teks Deskriptif
2. Menyanyikan
dan menjawab pertanyaan mengenai isi lagu.
3. Membuat
jadwal piket dalam bentuk tabel.
4. Melaksanakan
tugas piket sesuai jadwal yang dibuat.
F.
MODEL, METODE DAN PENDEKATAN
1.
Model :
Pembelajaran Kooperatif ( discovery learning )
2.
Metode :
Ceramah, Tanya jawab, diskusi/kerja kelompok.
3.
Pendekatan : Saintific ( Scientific )
G.
ALAT, MEDIA, BAHAN
1. Gambar
pelaksanaan piket siswa
2. Alat-alat
untuk piket siswa ( sapu, sulak, penghapus, dll )
3. Teks
lagu “ nama-nama hari “.
4. Lembar
kerja siswa ( LKS )
5. Buku
tematik kelas satu (1)
H. LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
a.
Kegiatan Awal
·
Guru dan siswa masuk ruang kelas
tepat waktu
·
Guru mengkondisikan kelas(
mengatur tempat duduk, mengecek kehadiran siswa )
·
Siswa menjawab salam dan berdoa
·
Mengecek kehadiran siswa
b.
Apersepsi
·
Guru menyapa siswa dan menanyakan
kabar mereka pagi ini
·
Siswa mengamati gambar yang ditunjukan
guru kemudian diminta untuk menyampaikan pendapat dan komentarnya tentang
gambar tersebut.
·
Siswa diajak untuk memngingat
kembali pelajaran sebelumnya dan dikaitkan dengan pelajaran hari ini.
c.
Motivasi
·
Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran hari ini.
|
5
menit
|
Inti
|
Ø Guru
membaca teks yang tertera dibuku
Ø Siswa
menirukan guru dengan membaca nyaring
Ø Guru
mengajukan pertanyaan kepada siswa tentang bacaan
1. Apakah
piket menurutmu perlu?
2. Bagaimana
perasaanmu tentang mengerjakan piket bersama teman-temanmu?
Ø Siswa
mengerjakan latihan di buku siswa
Ø Guru
menjelaskan bahwa tugas piket diatur setiap hari senin sampai sabtu
Ø Guru
mengajak siswa menyayikan lagu “ nama-nama hari “ ( senin, selasa, rabu, dan
seterusnya )
Ø Selanjutnya
guru membacakan teks lagu dan siswa menyimak dengan baik.
Ø Guru
bertanya kepada siswa untuk mengecek pemahaman siswa
1. Hari
apakah ini ?
2. Siapakah
yang bertugas piket hari ini ?
Ø Kegiatan
dilanjutkan dengan menuliskan nama-nama hari di buku siswa.
Ø Siswa
kemudian dibagi menjadi beberapa kelompok dengan anggota 4 anak tiap
kelompok.
Ø Setiap
kelompok berdiskusi untuk menyusun jadwal piket.
|
20
menit
|
Penutup
|
-
Siswa dengan bimbingan guru
menuliskan pengalaman belajar ( refleksi ) mengenai materi yang mereka pelajari
hari ini.
-
Siswa menyampaikan pendapatnya
tentang pembelajaran yang telah di ikuti.
-
Siswa dan guru merumuskan pesan
moral untuk senantiasa rajin dan disiplin dalam melakukan kegiatan dan
diawali dengan doa.
-
Guru mengingatkan siswa yang
piket hari ini untuk melaksanakan piket sebelum pulang.
-
Doa penutup dan salam.
|
5
menit
|
I. PENILAIAN
PROSES DAN HASIL BELAJAR
1. Teknik
Tes
dan Nontes ( Penilaian Proses )
2. Bentuk
Tes
: tes uaraian
Nontes
: rubric ( lembar observasi/
pengamatan )
3. Instrument
( tes dan nontes ) ( terlampir )
4. Kunci
jawaban dan penskoran ( terlampir )
5. Tugas
( terlampir )
J. INSTRUMEN
PENILAIAN, KUNCI JAWABAN, DAN PEDOMAN PENSKORAN
1. Tes
Uraian
Jawablah
pertanyaan dibawah ini berdasarkan gambar yang diamati
1. Apa
yang dilakukan siswa setelah kelas usai ?
2. Mengapa
harus ada siswa petugas piket ?
3. Apa
yang dilakukan siswa petugas piket ?
4. Bagaimana
keadaan kelas setelah dibersihkan ?
5. Bagaimana
perasaanmu bila kelas bersih ?
2. Kunci
jawaban
1. Melaksanakan
tugas piket
2. Supaya
kelas bersih
3. Membersihkan
kelas
4. Menjadi
bersih
5. Terasa
nyaman
Pedoman skor
ü Jawaban
benar skor 2
ü Jawaban
mendekati benar skor 1
Skor maksimal = 10
Nilai : Skor Perolehan x 100
Skor maksimal
|
3. Rubrik
Menyelesaikan
tugas kelompok.
No.
|
Nama
peserta didik
|
Aspek
|
|||||
kerjasama
|
Keaktifan
|
Menghargai
pendapat teman
|
Produk
( jadwal piket )
|
JML
|
Nilai
|
||
Skor
penilaian :
1. Kurang
2. Cukup
3. Baik
4. Sangat
baik
Nilai : Skor penilaian x 100
Skor maksimal
|
Mengetahui, Tangerang, November 2014
Kepala Sekolah
SUWARSO,
M.Pd JUMIATI
NIP.196806071992011001 NIM. 2013820098
Tidak ada komentar:
Posting Komentar