Pengertian, Tujuan, Manfaat, Dan Fungsi Media Pembelajaran
I.
Pendahuluan
Pembelajaran disekolah pada saat ini
mulai disesuaikan dengan perkembangan teknologi informasi, sehingga
terjadi perubahan dan pergeseran
paradigma pendidikan. Perkembangan pesat dibidang teknologi informasi khususnya
internet, mempercepat aliran ilmu pengetahuan yang menembus batas-batas dimensi
ruang, birokrasi, kemapanan, dan waktu. Program-program di internet bukan hanya
menampilkan data dan informasi yang dapat ditransmisikan dengan kecepatan
tinggi, tetapi juga ilmu pengetahuan yang dapat diakses secara cepat oleh
penggunanya. Dan tentu saja kondisi ini berpengaruh pada kebiasaan dan budaya
pendidikan yang dikelola selama ini.
Kemajuan dan perkembangan teknologi
sudah demikian menonjol, sehingga penggunaan alat-alat bantu mengajar seperti
alat-alat audio,visual serta perlengkapan sekolah disesuaikan dengan
perkembangan jaman tersebut. Dan juga harus disesuaikan dnegan tuntutan
kurikulum sesuai dengan materi, metode, dan tingkat kemampuan belajar siswa
agar dapat mencapai tujuan pembelajaran dengan baik disekolah.
Untuk itu, para pengajar mulai
berusaha membiasakan diri untuk menggunakan peralatan-peralatan seperti OHP,
LCD, CD, VCD, video, computer dan internet dalam pembelajaran dikelas. dengan
program pembelajarna yang dikembangkan ini patut dipelajari pengajar harus
mempelajarinya agar mempermudah proses pembelajaran dan pendidkikan, sehingga
memudahkan pembelajaran untuk berjalan dengan baik dikelas.
A.
Pengertian Media Pembelajaran
Media adalah sebuah alat yang
mempunyai fungsi menyampaikan pesan (Bovee, 1997). Media pembelajaran
adalahsebuah alat yang berfungsi dan digunakan untuk menyampaikan pesan
pembelajaran. Pembelajaran adalah proses komunikasi antara pembelajar, pengajar,
dan bahan ajar. Banyak batasan atau pengertian yan dikemukakan para ahli
tentang media, diantaranya adalah: Asosiasi Teknologi dan Komunikasi Pendidikan
(Asosociation of Education and
Communication Technology (AECT).
Dari pengertian diatas, secara umum
dapat dikatakan bahwa substansi dari media pembelajaran adalah bentuk saluran,
yang digunakan untuk menyalurkan pesan, informasi atau bahan pelajaran kepada
penerima pesan atau pembelajar dapat pula dikatakan bahwa media pembelajaran adalah berbagai jenis
komponen dalam lingkungan dalam lingkungan pembelajar yang dapat merangsang
pembelajar untuk belajar
B. Tujuan
dan Manfaat Media Pembelajaran
Ø Tujuan media pembelajaran sebagai
alat bantu pembelajaran, adalah sebagai berikut :
a.
Mempermudah
proses pembelajaran di kelas
b.
Meningkatkan
efisiensi proses pembelajaran
c.
Menjaga
relevansi antara materi pelajaran dengan tujuan belajar
d.
Membantu
konsentrasi pembelajar dalam proses pembelajaran
Ø Manfaat media pembelajaran sebagai
alat bantu dalam proses pembelajaran adalah sebagai berikut :
a.
Pengajaran
lebih menarik perhatian pembelajar sehingga dapat menumbuhkan motivasi belajar,
b.
Bahan
pengajaran akan lebih jelas maknanya, sehingga dapat lebih di pahami
pembelajar, serta memungkinkan pembelajar menguasai tujuan pengajaran dengan
baik
c.
Metode
pembelajaran bervariasi, tidak semata-semata hanya komunikasi verbal melalui
penuturan kata-kata lisan pengajar, pembelajar tidak bosan, dan pengajar tidak
kehabisan tenaga.
d.
Pembelajar
lebih banyak melakukan kegiatan belajar, sebab tidak hanya mendengarkan
penjelasa dari pengajar saja, tetapi juga aktivitas lain yang dilakukan seperti
mengamati, melakukan, mendemonstrasikan dan lain-lainya.
Ø Manfaat Media pembelajaran bagi
pengajar, yaitu:
a.
Memberikan
pedoman, arah untuk mencapai tujuan
b.
Menjelaskan
struktur dan urutan pengajarn dengan baik
c.
Memberikan
kerangka sistematis secara baik.
d.
Memudahkan
kembali pengajar terhadap materi pembelajaran
e.
Membantu
kecermatan, ketelitian dalam penyajian dalam pembelajaran.
f.
Membangkitkan
rasa percaya diri seorang pengajar.
g.
Meningkatkan
kualitas pembelajaran
Ø Manfaat media pembelajaran bagi pembelajar, yaitu:
a.
Meningkatkan
motivasi belajar pembelajar
b.
Memberikan
dan meningkatkan variasi belajar pembelajar
c.
Memberikan
struktur materi pelajaran
d.
Memberikan
inti informasi pelajaran
e.
Merangsang
pembelajar untuk berpikir dan beranalisis.
f.
Menciptakan
kondisi dan situasi belajar tanpa tekanan.
g.
Pelajar
dapat memahami materi pelajaran dengan sistematis yang disajikan pengajar
.
C.
Pertimbangan Pemilihan Media
Pertimbangan
media yang akan digunakan dalam pembelajaran menjadi pertimbangan utama, karena
media yang dipilih harus sesuai dengan:
1. tujuan pengajaran
2. bahan pelajaran
3. metode mengajar
4. alat yang dibutuhkan
5. pribadi mengajar
6. minat dan kemampuan mengajar
7. situasi pengajaran yang sedang
berlangsung
Keterkaiatan antara media pembelajaran dengan tujuan, materi,
metode, dan kondisi pembelajar, harus menjadi perhatian dan pertimbangan
pengajar untuk memilih dan menggunakan media dalam proses pembelajaran dikelas,
sehingga media yang digunakan lebih efektif dan efisien untuk mencapai tujuan
pembelajaran. Sebab media pembelajaran tidak dapat berdiri sendiri, tetapi
terkait dan memiliki hubungan secara timbalebalik dengan empat aspek tersebut. Dengan demikian,
alat-alat, sarana, atau media pembelajaran yang digunakan harus disesuaikan
dengan empat aspek tersebut, untuk mencapai tujuan pembelajaran secara efektif
dan efisien.
D. Fungsi
Media Pembelajaran
Ø Media Pembelajaran berfungsi untuk
merangsang pembelajaran dengan:
1.
Menghadirkan
obyek sebenarnya dan obyek yang langkah
2.
Membuat
duplikasi dari obyek yang sebenarnya
3.
Membuat
konsep abstrak ke konsep konkret
4.
Member
kesamaan persepsi
5.
Mengatasi
hambatran waktu, tempat, jumlah, dan jarak
6.
Menyajikan
ulang informasi secara konsisten
7.
Member
suasana yang belajar yang tidak tertekan, santai, dan menarik.
Ø Selain fungsi diatas. Livie dan
Lentz(1982) mengemukakan 4 fungsi media pembelajaran yaitu:
1.
Fungsi
atensi berarti media visual merupakan inti, menarik dan mengrahkan perhatian
pembelajar akan berkosentrasi pada isis pelajaran
2.
Fungsi
afekti maksudnya media visual dapat dilihat dari tingkat kenikmaran pembelajar
ketika belajar membaca teks bergambar.
3.
Fungsi
kognitif yaitu mengungkapkan bahwa lambang visual mempelancar pencapaian tujuan
dalam memahami dan mendengar informasi
4.
Fungsi
kompensatoris yaitu media visual memberikan konteks untuk memahami teks dan
membantu pembelajr yang lemah dalam membaca untuk mengorganisasikan informasi
dalam teks dan mengingatnya kembali.
Dari empat fungsi visual, dapat dikatakan bahwa belajar dari
pesan visual memerlukan keterampilan tersendiri. tehnik afektif adalah tehnik
untuk memahami tehnik pesan visual. yang terbagi dari beberapa fase seperti
dibawah ini:
1.
Fase
diffrensiasi. yaitu dimana pembelajar mula-mula mengamati, mengidentifikasi dan
menganalisis.
2.
Fase
integrasi yaitu di mana mempelajar menempatkan unsure-unsur visual secara
serempak, menghubungkan pesan-pesan visual kepada pengalaman pengalamannya.
3.
Kesimpulan,
yaitu dari pengalaman visualisai untuk kemudian menciptakan konseptualisasi
baru dari apa yang mereka pelajari sebelumnya.
Hasil penelitian Edmund Faison, dkk dalam Nana Sudjana dan
Ahmad Rivai tentng pennggunaan gambar visual dalam pembelajaran disimpulkan:
1. Terdapat beberapa hasil penelitian
bahwa untuk memperoleh hasil belajar bagi pembelajar secara maksimal yaitu:
a. Gambar-gambar yang digunakan harus
jelas
b. gambar harus familiar dgn pembelajar
c. gambar yang digunakan ukurannya
cukup besar
2.
terdapat
bukti, gambar-gambar berwarna lebih menarik minat pembelajar.
3.
hasil
penelitian Mabel Rudisill. gambar-ganbar yang disukai anak-anak adalah
gambar-gambar berwarna yang menumbuhkan impresi atau kesan realistik.
Mungkin hanya ini saja
yang penulis paparkan, kurang lebihnya penulis mohon maaf, semoga dapat
bermanfaat bagi pembaca yang ingin mencari ilmu di bumi Allah SWT. “Sebaik-baik
orang yang mau belajar adalah ia yang dapat mengambil pelajaran dari
kesalahannya ( Guru terbesar adalah pengalamanmu sendiri entah baik maupun buruk)”.
Tugas Mata Kuliah Pembelajaran PKN di
Sekolah Dasar
Dosen Pengampu: Dirgantara Wicaksono,
M.Pd
terimakasih atas share ilmunya mbak :)
BalasHapussangat membantu sekali kaka.... tankyuuu
BalasHapus