TEMA BUDI PEKERTI
KELAS 1 SEMESTER 1
Mata Kuliah Pengembangan Pembelajaran
IPS di SD
Dosen : Ulfa Mawardi, M.Pd
Disusun Oleh
Jumiati ( 2013820098 )
FAKULTAS ILMU
PENDIDIKAN
UNIVERSITAS
MUHAMMADIYAH JAKARTA
2015
KATA PENGANTAR
Puji
serta syukur marilah kita panjatkan kepada Allah SWT yang telah memberikan
kesehatan serta kesempatan yang baik dalam menyusun makalah yang Insya Allah
bermanfaat, aamiin. Makalah yang telah penyusun susun ini bertema
“Budi Pekerti” pada kelas satu
semester satu.
Makalah
yang penyusun susun ini bertujuan untuk memenuhi tugas mata kuliah Pengembangan
Pembelajaran IPS di SD oleh dosen Ibu Ulfa Mawardi, M.Pd di Universitas
Muhammadiyah Jakarta pada semester empat.
Penyusun
makalah ini menyadari bahwa makalah yang penyusun susun ini jauh dari kata
sempurna. Masih banyak kekurangan dari makalah ini, penyusun mohon dengan tulus
untuk dapat dimaklumi. Oleh karena itu mohon kritik dan saran untuk proses
pembelajaran penyusun selanjutnya. Dan penyusun berharap makalah yang penyusun
susun ini dapat bermanfaat bagi pembaca dan penyusunnya. Aamiin.
Cirendeu, Mei 2015
Penulis
SILABUS
PEMBELAJARAAN TEMATIK
SEKOLAH DASAR KELAS 1 SEMESTER 1
TEMA: Budi Pekerti
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok dan Uraian Materi
|
Kegiatan Belajar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/ Bahan/ Alat
|
1. IPS :
Memahami identitas diri dan keluarga serta sikap saling menghormati dalam kemajemukan keluarga.
|
·
Menunjukkan sikap hidup rukun dalam
kemajemukan keluarga.
|
·
sikap hidup rukun
|
· Siswa dapat menjelaskan kemajemukan keluarga ( jenis kelamin, agama, suku
bangsa, kebiasaan )
· Siswa dapat menjelaskan manfaat hidup rukun dalam keluarga
|
· Memberi contoh kemajemukan keluarga ( jenis kelamin, suku bangsa, agama,
kebiasaan, dll )
· Menjelaskan manfaat hidup rukun dalam keluarga .
|
Lisan
Tertulis
|
3 minggu
|
Buku
Tematik
Pengembangan
Guru
|
2. IPA :
Mengenal cara mememlihara lingkungan agar tetap sehat
|
·
Membedakan
lingkungan sehat dan tidak sehat.
|
·
lingkungan sehat dan tidak sehat.
|
· Siswa dapat mengemukakan ciri-ciri lingkungan sehat dan lingkungan tidak
sehat
· Siswa dapat menjelaskan hal hal yang menyebabkan lingkungan menjadi kotor
· Siswa dapat membiasakan membuang sampah pada tempatnya
|
· Mengemukakan ciri-ciri lingkungan yang sehat dan ciri ciri lingkungan
yang tidak sehat.
· Menjelaskan bahwa air kotor tumpukkan sampah, asap kendaraan merupakan
kondisi lingkungan kurang baik bagi kesehatan
· Membiasakan membuang sampah pada tempatnya.
|
Lisan
|
||
3. PKN : Menerapkan hidup rukun dalam
perbedaan.
|
·
Menerapkan hidup rukun di rumah dan di sekolah.
|
·
hidup rukun
|
· Siswa dapat menunjukkan sikap saling menghargai perbedaan
dan tidak membeda-bedakan perlakuan di rumah maupun di sekolah.
|
· Menunjukkan sikap saling menghargai perbedaan dalam lingkungan keluarga
dan lingkungan sekolah.
· Menunjukkan sikap tidak membeda-bedakan perlakuan di rumah dan di
sekolah.
|
Portofolio
|
||
4. Matematika : Menggunakan pengukuran
waktu dan panjang
|
·
Menentukan lama
suatu kejadian berlangsung.
· Mengenal panjang suatu benda
melalui kalimat sehari-hari. ( pendek panjang ) dan membandingkannya.
|
·
pengukuran waktu dan
panjang
|
·
Siswa dapat
menyebutkan, membandingkan, panjang
suatu benda melalui kalimat sehari-hari.
·
Siswa dapat mengenal
jarak dekat dan jauh.
|
· Memberi contoh kegiatan sehari-hari yang dilakukan sebentar.
· Memberi contoh kegiatan sehari-hari yang dilakukan lama.
· Menyebutkan panjang suatu benda melalui kalimat sehari-hari ( pendek ,
panjang )
· Memberi contoh benda yang panjang dan benda yang pendek.
· Membandingkan panjang suatu benda ( lebih panjang, lebih pendek
· Mengenal jarak dekat dan jauh.
|
Lisan
Tertulis
|
||
5. Bahasa
Indonesia
Mendengarkan :
·
Memahami bunyi bahasa,
perintah dan dongeng yang dilisankan.
Berbicara :
·
Mengungkapkan fikiran, perasaan, dan informasi secara
lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan, benda dan fungsi anggota
tubuh, dan deklamas.
Membaca :
·
Memahami teks pendek
dengan membaca nyaring.
Menulis :
·
Menulis permulaan
dengan menjiplak menebalkan, mencontoh, melengkapi, dan menyalin.
|
·
Melaksanakn sesuatu
sesuai dengan perintah dan petunjuk guru.
·
Menyebutkan
tokoh-tokoh dalam cerita.
·
Membaca nyaring suku
kata dan kata dengan lafal yang
tepat.
·
Menjiplak berbagai
bentuk gambar, lingkaran, dan bentuk
huruf.
· Menebalkan berbagai bentuk gambar, lingkaran dan bentuk huruf.
· Mencontoh huruf , kata, atau kalimat sederhana dari buku atau papan tulis dengan benar.
·
Melengkapi kalimat
yang belum selesai berdasarkan gambar
|
· Teks yang terdiri atas berbagai kalimat perintah ( untuk dibaca oleh guru
saja)
· Mendengarkan dongeng dan menceritakan kembali.
· Suku kata, kata dan kalimat sederhana.
|
· Siswa dapat melakukan sesuatu sesuai dengan perintah atau permintaan.
·
Siswa dapat
menceritakan kembali isi dongeng dengan kalimatnya sendiri.
·
Siswa dapat menjawab
pertanyaan tentang disi dongeng dan memeragakan tokoh dongeng.
·
Siswa dapat membaca
nyaring.
·
Siswa dapat menjiplak
dan menebalkan berbagai bentuk huruf, gambar.
·
Siswa dapat menuliskan
kata dan kalimat yang didiktekan guru.
·
Siswa dapat menyalin
kalimat dari papan tulis / buku pke dalam buku tulis sendiri.
|
· Melakukan sesuatu sesuai perintah atau permintaan guru.
· Menceritakan kembali isi dongeng dengan kalimatnya sendiri
· Menjawab pertanyaan dan menjelaskan isi dongeng.
· Memperagakan tokoh dongeng di depan kelas.
· Membaca nyaring ( didengar siswa )
· Membaca nyaring kalimat sederhana dengan lafal dan intonasi yang tepat.
· Mengenali huruf – huruf dan membacanya sebagai suku kata, kata –kata dan
kalimat sederhana.
· Menjiplak berbagai bentuk huruf dan gambar.
· Menebalkan berbagai bentuk gambar, dan bentuk huruf.
· Menyalin / mencontoh huruf kata , kalimat, dari papan tulis atau buku
dengan benar dengan menggunakan huruf lepas.
· Menyalin / mencontoh kalimat dari buku atau papan tulis yang ditulis guru
dan menyalinnya pada buku sendiri dengan menggunakan huruf tegak bersambung.
· Melengkapi kalimat yang belum selesai sesuai dengan gambar
|
Lisan
Tertulis
Perbuatan
|
||
6. Seni Budaya dan
Keterampilan :
Mengapresiasi karya seni tari.
|
·
Menunjukkan sikap apresiatif terhadap gerak tari menurut tingkat tinggi
|
·
Unsur gerak tari
bersumber dari gerak hewan , tumbuhan,dan bunyi iringan
|
· Siswa dapat mengelompokkan gerakan tari sesuai dengan level.
· Siswa dapat mengidentifikasi gerak keseimbangan pola lantai.
· Siswa dapat mengidentifikasi bentuk iringan tari dengan menggunakan bunyi
bersumber dari tubuh ( internal.
|
· Mengelompokkan gerak tari sesuai level.
· Mengidentifikasi gerak keseimbangan pola lantai.
· Mengidentifikasi bentuk iringan tari dengan menggunakan bunyi yang
bersumber dari tubuh. (internal ).
|
Lisan
Tertulis
Perbuatan
|
§
|
|
v Karakter
siswa yang diharapkan :
Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation
)
Toleransi ( Tolerance
)
Percaya diri ( Confidence
)
Keberanian ( Bravery )
|
§
|
§
|
Mengetahui
Kepala Sekolah SD/MI ……
( …………………………… )
NIP/NIK :
|
……...., ………………… 20…
Guru Tematik Kelas
I
( ……………………………… )
NIP/NIK :
|
Rencanan Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Nama Sekolah : SDN Joglo 06 Pagi
Mata Pelajaran :
Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas/Semester : I / 1
Alokasi Waktu : 1x35
menit
Standar
Kompetensi
Memahami identitas diri dan keluarga serta sikap saling menghormati
dalam kemajemukan keluarga.
Kompetensi
Dasar
Menunjukkan sikap hidup rukun dalam kemajemukan
keluarga.
Indikator
· Memberi
contoh kemajemukan keluarga (jenis kelamin, agama, suku bangsa, kebiasaan)
· Menjelaskan
manfaat hidup rukun dalam keluarga
Tujuan Pembelajaran
·
Siswa
dapat menjelaskan kemajemukan keluarga (jenis kelamin, agama, suku bangsa,
kebiasaan)
·
Siswa
dapat menjelaskan manfaat hidup rukun dalam keluarga
Karakter Siswa yang Diharapkan
Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility
)
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation
)
Toleransi ( Tolerance
)
Percaya diri ( Confidence
)
Keberanian ( Bravery
)
Materi Ajar ( Materi Pokok )
Hidup rukun dalam kemajemukan keluarga
Metode Pembelajaran
· Ceramah plus
·
Picture and picture
·
Demonstrasi
·
Pemberian tugas
Langkah-langkah pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
o
Guru memberi salam kepada siswa dilanjutkan berdoa untuk memulai
pelajaran
o
Guru menanyakan
kabar siswa
Guru menggunakan metode ceramah
plus, dimana adanya tanya jawab terkait apabila ada siswa yang terlihat lesu
atau sakit
o
Guru mengabsen
siswa
o
Guru mengajak
siswa bernyanyi sebelum memulai pelajaran
|
10
Menit
|
Inti
|
o
Guru menjelaskan
kemajemukan keluarga sebagai kekayaan budaya yang harus dihargai.
o
Guru meminta
siswa mengamati foto keluarga besar, guru menyebutkan kemajemukan
dalam keluarga.
o
Guru
menjelaskan bahwa kemajemukan keluarga dalam kebiasan,
jenis kelamin, agama, suku bangsa, harus disikapi dengan baik agar tercipta
kerukunan hidup.
o
Guru
menampilkan dan menjelaskan gambar berupa kemajemukan kebiasaan dan profesi
dalam keluarga.
o
Guru membagi
siswa dalam setiap kelompok
Hal ini karena guru menggunakan strategi kooperatif
dimana siswa belajar secara berkelompok agar lebih menyenangkan.
o Guru memberikan lembar kerja pada setiap kelompok
dan masing-masing kelompok diberikan waktu untuk mengerjakannya.
o Guru meminta perwakilan kelompok maju ke depan untuk
membahas jawaban dari tugas dengan menggunakan metode picture and picture
o Guru memberikan apresiasi berupa tepuk tangan bagi
perwakilan kelompok yang berani maju.
|
20
menit
|
Penutup
|
o Guru
memberi nasihat agar siswa hidup
rukun disekolah dan di rumah.
o Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
o Guru membuat kesimpulan dari tiap
materi yang disampaikan.
o Guru mengajak semua siswa
berdo’a untuk mengakhiri pelajaran
|
5 menit
|
Sumber
dan Alat Belajar
- Buku Sumber :
- Buku Pengetahuan sosial SD kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan
·
Alat :
1.
Laptop dan LCD
2.
Gambar kemajemukan keluarga
3.
Gambar hidup rukun dan tidak rukun.
Penilaian
Penilaian
dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
1.
IPS :
·
Memberi
contoh kemajemukan keluarga ( jenis kelamin, suku bangsa, agama, kebiasaan,
dll )
·
Menjelaskan
manfaat hidup rukun dalam keluarga .
|
Tes lisan
Tes tertulis
|
Tes uraian
LKS
Lembar observasi
|
1.
IPS :
·
Sebutkanlah
contoh kemajemukan keluarga ( jenis kelamin, suku bangsa, agama, kebiasaan,
dll )
·
Jelaskanlah
manfaat hidup rukun dalam keluarga .
|
I. Kriteria Penilaian
1.
Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
*
semua salah
|
4
3
2
1
|
2. Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Kerjasama
Partisipasi
|
*
bekerjasama
*
kadang-kadang kerjasama
*
tidak bekerjasama
*
aktif berpartisipasi
*
kadang-kadang aktif
*
tidak aktif
|
4
2
1
4
2
1
|
3. Lembar Penilaian
No
|
Nama
Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
|
Kerjasama
|
Partisipasi
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah
skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
Mengetahui
Kepala Sekolah
SDN Joglo 06 Pagi
( ………………..………… )
NIP/NIK : …………………
|
Jakarta, 11 Mei 2015
Guru Kelas I
( …………………...……… )
NIP/NIK : …………………
|
MATERI
Ø hidup
rukun dan tidak rukun
1.
contoh hidup rukun
perhatikan
contoh
wati dan
budi kakak beradik
wati dan budi
murid sdn 1 sukamaju
wati dan
budi berangkat sekolah bersama
wati gemar
menanam bunga
budi
membantu wati menyiram bunga
bunga wati
tumbuh subur
gambar 4.4
wati dan budi
berangkat
sekolah
gambar 4.5
budi membantu wati
2.
hidup
tidak rukun
perhatikan
contoh
budi hadi
dan doni bermain kelereng
doni kalah
bermain kelereng
doni
menuduh hadi curang
hadi dan
doni bertengkar
nita punya
mainan baru
adik ingin
pinjam mainan nita
nita tidak
mau meminjami
adik
merebut mainan nita
nita dan
sita kakak beradik
sekolah
nita dekat sekolah sita
sita ingin
berangkat sekolah bersama nita
nita tidak
mau
hidup
rukun dalam keluarga
kamu
mempunyai keluarga
kamu harus
rukun dalam keluarga
contoh
tidak suka
mau menang sendiri
hidup
rukun dalam perbedaan
antar anggota
keluarga
dalam
keluarga ada perbedaan perbedaan
contoh
perbedaan
makanan kesukaan
perbedaan
warna pakaian kesukaan
perhatikan
perbedaan dalam keluarga budi
wati suka menari
budi suka menggambar
pak rahmat suka berkebun
bu siti suka membaca
Daftar Pustaka
Khristianti,Dian. RPP Tematik Kelas 1.
bse.kemdikbud.go.id/download/fullbook/20090904220303
pustaka-pendidikan-indonesia.blogspot.com/.../silabus-tematik-berkarakter-kelas-1-sd_8028.htm
Tidak ada komentar:
Posting Komentar