Rabu, 20 Mei 2015

Silabus dan RPP Tema Budi Pekerti kelas 1 semester 1



TEMA BUDI PEKERTI
KELAS 1 SEMESTER 1

Mata Kuliah Pengembangan Pembelajaran IPS di SD
Dosen : Ulfa Mawardi, M.Pd









Disusun Oleh

Jumiati ( 2013820098 )








FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JAKARTA
2015








KATA PENGANTAR


            Puji serta syukur marilah kita panjatkan kepada Allah SWT yang telah memberikan kesehatan serta kesempatan yang baik dalam menyusun makalah yang Insya Allah bermanfaat, aamiin. Makalah yang telah penyusun susun ini bertema
“Budi Pekerti” pada kelas satu semester satu.
            Makalah yang penyusun susun ini bertujuan untuk memenuhi tugas mata kuliah Pengembangan Pembelajaran IPS di SD oleh dosen Ibu Ulfa Mawardi, M.Pd di Universitas Muhammadiyah Jakarta pada semester empat.
            Penyusun makalah ini menyadari bahwa makalah yang penyusun susun ini jauh dari kata sempurna. Masih banyak kekurangan dari makalah ini, penyusun mohon dengan tulus untuk dapat dimaklumi. Oleh karena itu mohon kritik dan saran untuk proses pembelajaran penyusun selanjutnya. Dan penyusun berharap makalah yang penyusun susun ini dapat bermanfaat bagi pembaca dan penyusunnya. Aamiin.







Cirendeu, Mei  2015

Penulis







SILABUS PEMBELAJARAAN TEMATIK 



SEKOLAH DASAR KELAS 1 SEMESTER 1

TEMA: Budi Pekerti


Standar
Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi Pokok dan Uraian Materi
Kegiatan Belajar
Indikator  Pencapaian Kompetensi 
Penilaian
Alokasi  Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat
1. IPS :
Memahami identitas diri dan keluarga serta sikap saling                             menghormati   dalam kemajemukan keluarga.

·     Menunjukkan sikap hidup rukun dalam  kemajemukan  keluarga.


·     sikap hidup rukun

·     Siswa dapat menjelaskan kemajemukan keluarga ( jenis kelamin, agama, suku bangsa, kebiasaan )
·     Siswa dapat menjelaskan manfaat hidup rukun dalam keluarga


·     Memberi contoh kemajemukan keluarga ( jenis kelamin, suku bangsa, agama, kebiasaan, dll )
·     Menjelaskan manfaat hidup rukun dalam keluarga .


Lisan
Tertulis

3 minggu

Buku Tematik
Pengembangan
Guru
2. IPA  : 
Mengenal cara mememlihara lingkungan agar tetap sehat

·     Membedakan lingkungan  sehat dan tidak sehat.


·     lingkungan  sehat dan tidak sehat.


·     Siswa dapat mengemukakan ciri-ciri lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat
·     Siswa dapat menjelaskan hal hal yang menyebabkan lingkungan menjadi  kotor
·     Siswa dapat membiasakan membuang sampah pada tempatnya


·     Mengemukakan ciri-ciri lingkungan yang sehat dan ciri ciri lingkungan yang tidak sehat.
·     Menjelaskan bahwa air kotor tumpukkan sampah, asap kendaraan merupakan kondisi lingkungan kurang baik bagi kesehatan
·     Membiasakan membuang sampah pada tempatnya.

Lisan




3. PKN            :  Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan.

·     Menerapkan hidup rukun di rumah dan di sekolah.

·     hidup rukun

·     Siswa dapat menunjukkan sikap saling menghargai perbedaan dan tidak membeda-bedakan perlakuan di rumah maupun di sekolah.


·     Menunjukkan sikap saling menghargai perbedaan dalam lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah.
·     Menunjukkan sikap tidak membeda-bedakan perlakuan di rumah dan di sekolah.


Portofolio


4. Matematika  :  Menggunakan pengukuran waktu dan panjang

·     Menentukan lama suatu  kejadian berlangsung.
·     Mengenal panjang suatu  benda melalui kalimat sehari-hari. ( pendek panjang ) dan  membandingkannya.


·     pengukuran waktu dan panjang

·     Siswa dapat menyebutkan, membandingkan,  panjang suatu benda melalui kalimat sehari-hari.
·     Siswa dapat mengenal jarak dekat dan jauh.


·     Memberi contoh kegiatan sehari-hari yang dilakukan sebentar.
·     Memberi contoh kegiatan sehari-hari yang dilakukan lama.
·     Menyebutkan panjang suatu benda melalui kalimat sehari-hari ( pendek , panjang )
·     Memberi contoh benda yang panjang dan benda yang pendek.
·     Membandingkan panjang suatu benda ( lebih panjang, lebih  pendek
·     Mengenal jarak dekat dan jauh.


Lisan
Tertulis


5. Bahasa Indonesia 
Mendengarkan :
·     Memahami bunyi bahasa, perintah dan dongeng yang dilisankan.
Berbicara         :
·     Mengungkapkan  fikiran, perasaan, dan informasi secara lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan, benda dan fungsi anggota tubuh, dan deklamas.
Membaca         : 
·     Memahami teks pendek dengan membaca nyaring.
Menulis            : 
·     Menulis permulaan dengan menjiplak menebalkan, mencontoh, melengkapi, dan menyalin.


·     Melaksanakn sesuatu sesuai dengan perintah dan petunjuk guru.
·     Menyebutkan tokoh-tokoh  dalam cerita.
·     Membaca nyaring suku kata dan kata  dengan lafal  yang  tepat.
·     Menjiplak berbagai bentuk  gambar, lingkaran, dan bentuk huruf.
·     Menebalkan berbagai bentuk gambar, lingkaran dan bentuk huruf.
·     Mencontoh huruf , kata, atau kalimat sederhana dari buku  atau papan tulis  dengan benar.
·     Melengkapi kalimat yang belum selesai berdasarkan gambar


·     Teks yang terdiri atas berbagai kalimat perintah ( untuk dibaca oleh guru saja)
·     Mendengarkan dongeng dan menceritakan kembali.
·     Suku kata, kata dan kalimat sederhana.

·     Siswa dapat melakukan sesuatu sesuai dengan perintah atau permintaan.
·     Siswa dapat menceritakan kembali isi dongeng dengan kalimatnya sendiri.
·     Siswa dapat menjawab pertanyaan tentang disi dongeng dan memeragakan tokoh dongeng.
·     Siswa dapat membaca nyaring.
·     Siswa dapat menjiplak dan menebalkan berbagai bentuk huruf, gambar.
·     Siswa dapat menuliskan kata dan kalimat yang didiktekan guru.
·     Siswa dapat menyalin kalimat dari papan tulis / buku pke dalam buku tulis sendiri.


·     Melakukan sesuatu sesuai perintah atau permintaan guru.
·     Menceritakan kembali isi dongeng dengan kalimatnya sendiri
·     Menjawab pertanyaan dan menjelaskan isi dongeng.
·     Memperagakan tokoh dongeng di depan kelas.
·     Membaca nyaring ( didengar siswa )
·     Membaca nyaring kalimat sederhana dengan lafal dan intonasi yang tepat.
·     Mengenali huruf – huruf dan membacanya sebagai suku kata, kata –kata dan kalimat sederhana.
·     Menjiplak berbagai bentuk huruf dan gambar.
·     Menebalkan berbagai bentuk gambar, dan bentuk huruf.
·     Menyalin / mencontoh huruf kata , kalimat, dari papan tulis atau buku dengan benar dengan menggunakan huruf lepas.
·     Menyalin / mencontoh kalimat dari buku atau papan tulis yang ditulis guru dan menyalinnya pada buku sendiri dengan menggunakan huruf tegak bersambung.
·     Melengkapi kalimat yang belum selesai sesuai dengan gambar


Lisan
Tertulis
Perbuatan


6. Seni Budaya dan Keterampilan  :
Mengapresiasi karya seni tari.



·     Menunjukkan sikap  apresiatif terhadap gerak  tari menurut tingkat tinggi



·     Unsur gerak tari bersumber dari gerak hewan , tumbuhan,dan bunyi iringan



·     Siswa dapat mengelompokkan gerakan tari sesuai dengan level.
·     Siswa dapat mengidentifikasi gerak keseimbangan pola lantai.
·     Siswa dapat mengidentifikasi bentuk iringan tari dengan menggunakan bunyi bersumber dari tubuh ( internal.



·     Mengelompokkan gerak tari sesuai level.
·     Mengidentifikasi gerak keseimbangan pola lantai.
·     Mengidentifikasi bentuk iringan tari dengan menggunakan bunyi yang bersumber dari tubuh. (internal ).



Lisan
Tertulis
Perbuatan


§  
v  Karakter siswa yang diharapkan :
Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
§   

§  


Mengetahui
Kepala Sekolah SD/MI ……



( …………………………… )
NIP/NIK :

……...., ………………… 20…        
Guru Tematik Kelas  I



( ……………………………… )
NIP/NIK :







Rencanan Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
 

Nama Sekolah   :  SDN Joglo 06 Pagi
Mata Pelajaran  : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas/Semester   :  I / 1
Alokasi Waktu   : 1x35 menit

Standar Kompetensi
Memahami identitas diri dan keluarga serta sikap saling menghormati dalam kemajemukan keluarga.           

Kompetensi Dasar
Menunjukkan sikap hidup rukun dalam  kemajemukan  keluarga.

Indikator
·     Memberi contoh kemajemukan keluarga (jenis kelamin, agama, suku bangsa, kebiasaan)
·     Menjelaskan manfaat hidup rukun dalam keluarga

Tujuan Pembelajaran
·         Siswa dapat menjelaskan kemajemukan keluarga (jenis kelamin, agama, suku bangsa, kebiasaan)
·         Siswa dapat menjelaskan manfaat hidup rukun dalam keluarga

Karakter Siswa yang Diharapkan
Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )

Materi Ajar  ( Materi Pokok )
Hidup rukun dalam kemajemukan keluarga

Metode Pembelajaran
·     Ceramah plus
·         Picture and picture
·         Demonstrasi
·         Pemberian tugas

Langkah-langkah pembelajaran
     
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
o   Guru memberi salam kepada siswa dilanjutkan berdoa untuk memulai pelajaran
o   Guru menanyakan kabar siswa
Guru menggunakan metode ceramah plus, dimana adanya tanya jawab terkait apabila ada siswa yang terlihat lesu atau sakit
o   Guru mengabsen siswa
o   Guru mengajak siswa bernyanyi sebelum memulai pelajaran






10 Menit
Inti

o   Guru menjelaskan kemajemukan keluarga sebagai kekayaan budaya yang harus dihargai.
o   Guru meminta siswa mengamati foto keluarga besar, guru menyebutkan kemajemukan dalam keluarga.
o   Guru menjelaskan bahwa kemajemukan keluarga dalam kebiasan, jenis kelamin, agama, suku bangsa, harus disikapi dengan baik agar tercipta kerukunan hidup.
o   Guru menampilkan dan menjelaskan gambar berupa kemajemukan kebiasaan dan profesi dalam keluarga.
o   Guru membagi siswa dalam setiap kelompok
Hal ini karena guru menggunakan strategi kooperatif dimana siswa belajar secara berkelompok agar lebih menyenangkan.
o   Guru memberikan lembar kerja pada setiap kelompok dan masing-masing kelompok diberikan waktu untuk mengerjakannya.
o   Guru meminta perwakilan kelompok maju ke depan untuk membahas jawaban dari tugas dengan menggunakan metode picture and picture
o   Guru memberikan apresiasi berupa tepuk tangan bagi perwakilan kelompok yang berani maju.








20 menit
Penutup
o   Guru memberi nasihat agar siswa hidup rukun disekolah dan di rumah.
o   Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
o   Guru membuat kesimpulan dari tiap materi yang disampaikan.
o   Guru mengajak semua siswa berdo’a untuk mengakhiri pelajaran



5 menit

Sumber dan Alat Belajar
  • Buku Sumber :
    1. Buku Pengetahuan sosial SD kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan

·         Alat :
1.    Laptop dan LCD
2.    Gambar kemajemukan keluarga
3.    Gambar hidup rukun dan tidak rukun.

Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
1.    IPS :
·   Memberi contoh kemajemukan keluarga ( jenis kelamin, suku bangsa, agama, kebiasaan, dll )
·   Menjelaskan manfaat hidup rukun dalam keluarga .



Tes lisan

Tes tertulis


Tes uraian

LKS

Lembar observasi
1.    IPS :
·   Sebutkanlah contoh kemajemukan keluarga ( jenis kelamin, suku bangsa, agama, kebiasaan, dll )
·   Jelaskanlah manfaat hidup rukun dalam keluarga .



I. Kriteria Penilaian      
1. Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

 2. Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Kerjasama



Partisipasi
* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama

* aktif  berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
4
2
1

4
2
1

 3. Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Kerjasama
Partisipasi
1.
2.
3.
4.
5.










  CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.





Mengetahui
Kepala Sekolah SDN Joglo 06 Pagi



( ………………..………… )
NIP/NIK : …………………

Jakarta, 11 Mei 2015        
Guru Kelas I




( …………………...……… )
NIP/NIK : …………………






MATERI

Ø  hidup rukun dan tidak rukun
1.     contoh hidup rukun
perhatikan contoh
wati dan budi kakak beradik
wati dan budi murid sdn 1 sukamaju
wati dan budi berangkat sekolah bersama
wati gemar menanam bunga
budi membantu wati menyiram bunga
bunga wati tumbuh subur
gambar 4.4 wati dan budi
berangkat sekolah
gambar 4.5 budi membantu wati








2.    hidup tidak rukun
perhatikan contoh
budi hadi dan doni bermain kelereng
doni kalah bermain kelereng
doni menuduh hadi curang
hadi dan doni bertengkar
nita punya mainan baru
adik ingin pinjam mainan nita
nita tidak mau meminjami
adik merebut mainan nita
nita dan sita kakak beradik
sekolah nita dekat sekolah sita
sita ingin berangkat sekolah bersama nita
nita tidak mau

hidup rukun dalam keluarga
kamu mempunyai keluarga
kamu harus rukun dalam keluarga
contoh
tidak suka mau menang sendiri


hidup rukun dalam perbedaan
antar anggota keluarga
dalam keluarga ada perbedaan perbedaan
contoh
perbedaan makanan kesukaan
perbedaan warna pakaian kesukaan
perhatikan perbedaan dalam keluarga budi
􀁺 wati suka menari
􀁺 budi suka menggambar
􀁺 pak rahmat suka berkebun
􀁺 bu siti suka membaca











Daftar Pustaka



Khristianti,Dian. RPP Tematik Kelas 1.

bse.kemdikbud.go.id/download/fullbook/20090904220303

pustaka-pendidikan-indonesia.blogspot.com/.../silabus-tematik-berkarakter-kelas-1-sd_8028.htm

 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar